Organisasi Kemahasiswaan Fakultas Kehutanan UGM

Yeyoww, ini pertama kali aku nulis di tahun 2017 hew.
Asline aku gabut banget ning umah pas preinan ngene ki. Trus bingung meh ngopo.

Sebelum aku lupa ya, ku pikir ada baiknya sharing tentang organisasi kemahasiswaan di Fakultas Kehutanan UGM. Biasanya maba bingung mau join yang mana. Kegiatannya apa ya? Orang-orangnya kaya gimana ya? Sibuk ga ya? dan banyak pertimbangan lain yang dipikirkan tentunya. Pada awalnya bakal didaftarin semua organisasi yang ada. Ye kan? Jangan guys, nanti kaya aku. Hehe.

Nah, aku kasih gambaran deh organisasi kemahasiswaan di FKT UGM. Karena ini awal, secara struktural dulu ya, untuk kultural organisasinya mungkin suatu saat nanti. Oh ya, ini merupakan hasil pemahaman saya yang baru kuliah selama tiga semester disini. So, kalo salah mohon dibenerin yak pembaca yang budiman J

Nah, jadi mahasiswa S1 Fakultas Kehutanan UGM tergabung dalam satu wadah namanya Keluarga Mahasiswa Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada (KM FKT UGM). Ini merupakan keorganisasian tertinggi di FKT UGM. Anggotanya, ya seluruh mahasiswa/i S1 aktif di FKT UGM. Jadi, D3 Pengelolaan Hutan (Sekolah Vokasi) dan S2 atau S3 Kehutanan (Sekolah Pascasarjana) ga termasuk. Didalamnya, ada Anggaran Dasar (AD), Anggaran Rumah Tangga (ART) dan Garis Besar Haluan Kerja (GBHK) selayaknya organisasi tentu saja. Berkas selengkapnya bisa dicek di dpm.fkt.ugm.ac.id.

Di Fakultas Kehutanan UGM juga ada student governmentnya. Apa itu? Semacam aplikasi kelembagaan negara dalam skala fakultas gitu lah. Jadi ada lembaga eksekutif, legislatif, dan organisasi di bawahnya. Peran lembaga eksekutif –kalo di negara dipegang oleh presiden wakil presiden berikut kabinetnya– disini dipegang oleh Lembaga Eksekutif Mahasiswa FKT UGM (LEM FKT UGM). Peran lembaga legislatif –kalo di negara dipegang oleh DPR dan MPR– disini dipegang oleh Dewan Perwakilan Mahasiswa FKT UGM (DPM FKT UGM). Sampe disini dong ya ?

Yak, lanjut. Di bawah lembaga ini ada namanya Badan Semi Otonom (BSO). Kan ada tuh badan otonom atau badan bukan otonom, nah disini nih adanya semi otonom. Cek lagi pengertian otonomi disini. BSO ini menyelenggarakan pemerintahan sendiri tetapi masih di bawah garis koordinasi dan berkaitan dengan lembaga atasnya. BSO di FKT UGM merupakan semacam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) level fakultas yang intinya, mewadahi bakat minat KM FKT. Ada empat BSO di FKT UGM, yaitu Keluarga Mahasiswa Islam Kehutanan (KMIK), Forestry Study Club (FSC), Komunitas Seni Kehutanan (KSK), dan Mapala Silvagama. Mereka punya ADART sendiri-sendiri juga. Ritme organisasinya juga berbeda-beda lho ya.

Sejajar kedudukannya dengan BSO di student government FKT UGM, ada yang namanya Himpunan Mahasiswa Minat (HMM). Tau kan ya kalo mahasiswa S1 FKT UGM ini masuk sebagai general forestry di jurusan kehutanan? Nah, memasuki semester empat, kan ada yang namanya peminatan. Kita milih tuh, mau lebih fokus belajar di silvikultur (dulu namanya budidaya hutan atau BDH), teknologi hasil hutan (THH), manajemen hutan (MH), atau konservasi sumberdaya hutan (KSDH). Kalo udah masuk minat, secara otomatis kita tergabung dalam salah satu HMM. Ada empat HMM di FKT UGM, yaitu Himpunan Mahasiswa Budidaya Hutan/HIMABA (minat silvikultur), Keluarga Mahasiswa Manajemen Hutan/KMMH (minat MH), Family of Forest Resources Conservation/FORESTATION (minat KSDH), dan Family of Forest Product Technology/FORESTECH (minat THH). Punya ADART masing-masing juga, dan punya kultur organisasi yang berbeda dengan lainnya.

Nah di luar LEM, DPM, HMM, dan BSO ada beberapa perkumpulan yang ada di FKT UGM, seperti International Forestry Student Association Local Committee Universitas Gadjah Mada (IFSA LC UGM); Keluarga Mahasiswa Kristen dan Katolik (KMKK) Bonita; Kelompok Pengamat, Peneliti, dan Pemerhati (KP3); Kapak Rimba; Paduan Suara; dan lain-lain. Kalo IFSA LC UGM dan KMKK Bonita merupakan organisasi yang garis koordinasinya di bawah ketua LEM langsung. Jadi kalo HMM dan BSO di bawah organisasi LEM, si IFSA dan Bonita ini di bawah ketua LEMnya, sejajar dengan menteri koordinator dan sekretaris jenderal LEM. Kalo KP3 beda lagi bro, ini kepunyaan Departemen KSDH (bukan punya FORESTATION lho). KP3 ini bergerak dengan dosen juga. Kapak rimba itu apa? Kapak rimba itu kelompok supporter kehutanan di berbagai ajang kompetisi. Tidak ada ikatan keanggotaan khusus disini. Siapapun mahasiswa/i S1 FKT UGM dan D3 Kehutanan UGM dapat mengekspresikan dukungan terhadap delegasi dari FKT UGM melalui kapak rimba ini. Ada satu koordinator yang menggerakkan kapak rimba, yaitu jenderal.
Nah, kalo salah satu organisasi punya gawe yang ngundang KM FKT, biasanya undangan ditujukan ke LEM, DPM, KMIK, FSC, KSK, SILVAGAMA, KMMH, HIMABA, FORESTECH, FORESTATION, IFSA, BONITA, dan GENERAL FORESTRY 2 angkatan terakhir. Secara tidak langsung organisasi-organisasi ini melibatkan KM FKT secara menyeluruh.

Jadi, secara struktural kurang lebih dapat digambarkan seperti ini.



Okey, that’s all enough. Feel free to ask J

Comments

Popular posts from this blog

Surat Lamaran Jalur PIN IPB

Laporan Praktikum Inventarisasi Sumberdaya Hutan

Mengenal Jenis Pepohonan di UGM