Kuis Mata Kuliah Dasar--Dasar Pemuliaan Pohon #2

1.      Apa yang terjadi apabila suatu serangan penyakit terjadi pada populasi produksi yang sempit?
Terjadinya serangan penyakit endemik setempat diakibatkan oleh kondisi iklim mikro yang menguntungkan bagi perkembangan penyakit pada jarak tanam rapat, contohnya pada tanaman padi. Hal ini menyebabkan rendahnya produktivitas pada jarak tanam rapat. Selain itu penanaman rapat dapat menyebabkan varietas tumbuh tidak optimal apabila menerima sinar yang rendah akibat adanya persaingan antar-individu tanaman dalam jarak tanaman rapat. Penanaman rapat juga menyebabkan terjadinya kekurangan hara tertentu terutama N, P dan K serta air akibat pertanaman yang rapat, perakaran yang intensif sehingga pengurasan hara juga intensif.
2.      Bagaimana saran?
Hal yang bisa diterapkan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memperlebar jarak tanam, sebagai contoh system tanam jajar legowo pada tanaman padi. Pada awalnya tanam jajar legowo umum diterapkan untuk daerah yang banyak serangan hama dan penyakit, atau kemungkinan terjadinya keracunan besi. Jarak tanam dua baris terpinggir pada tiap unit legowo lebih rapat dari pada baris yang di tengah (setengah jarak tanam baris yang di tengah). dengan maksud untuk mengkompensasi populasi tanaman pada yang dikosongkan. Adanya jarak yang agak lebar juga memperlambat penyebaran penyakit sehingga dapat segera ditangani.
Cara lain yang bisa diterapkan adalah dengan menanam menggunakan teknik multikultur. Karena umumnya epidemic tanaman terjadi pada tanaman semusim, tanaman yang ditanam secara monokultur serta menanam pada lahan yang sebelumnya terserang penyakit.
3.      Generasi kedua?

Faktor yang menyebabkan epidemi penyakit adalah patogen, inang, manusia, dan lingkungan. Faktor inang meliputi tipe tanaman, keragaman genetik, kandungan nutrisi, dan senyawa fenolik. Serangan penyakit pada generasi pertama berpotensi mengubah faktor genetik, dan dipengaruhi juga oleh faktor lingkungan. Generasi kedua yang dihasilkan berkemungkinan terkena penyakit karena mewarisi sifat genetik dari induk yang sudah terkena penyakit.

Comments

Popular posts from this blog

Surat Lamaran Jalur PIN IPB

Mengenal Jenis Pepohonan di UGM

Laporan Praktikum Inventarisasi Sumberdaya Hutan