Surat Lamaran Jalur PIN IPB

                                                                                               
Kota, 31 Januari 2016
Hal               : Surat Lamaran Mahasiswa IPB
Lampiran     : Tiga bendel

Yth. Rektor Institut Pertanian Bogor
Gedung Andi Hakim Nasoetion Lantai 2 Kampus IPB Darmaga
Bogor 16680

Dengan hormat,
Berdasarkan informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Institut Pertanian Bogor melalui situswww.admisi.ipb.ac.id tentang jalur PIN (Prestasi Internasional Nasional) tahun akademik 2016/2017 saya :
Nama                 :
Kelas                 :
NIS                    :
Jurusan             :
Asal sekolah     :
Alamat              :
E-mail               :
No. HP              :
Berminat dan mengajukan lamaran untuk menjadi mahasiswa IPB tahun 2016/2017 melalui jalur PIN dengan pilihan program studi sebagai berikut :
  1. Program Studi A, Fakultas B, Institut Pertanian Bogor
  2. Program Studi C, Fakultas D, Institut Pertanian Bogor
Apabila permohonan saya dapat diterima, akan saya pergunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Untuk memenuhi persyaratan, berikut saya lampirkan:
  1. Fotokopi rapor dilegalisir
  2. Fotokopi sertifikat kejuaraan dilegalisir
  3. Fotokopi (lain-lain)
Demikian surat lamaran ini saya buat. Besar harapan saya untuk dapat diterima menjadi mahasiswa IPB melalui Jalur PIN. Atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Mengetahui
Orang Tua,                                                                                   Hormat saya,

(                          )                                                               (                                     )

Comments

  1. Kak, surat lamarannya harus ditulis tangan atau diketik ya? Mohon dijawab. Terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada keharusan untuk ditulis atau diketik. Waktu apply dulu, saya ketik. Semoga menjawab. Semangat! :)

      Delete
  2. Replies
    1. Tidak harus dua, Hanif. Opsional kok. Tapi menurutku lebih baik diberi lebih dari satu opsi. Jadi semacam ujian SBMPTN/UMPTN, ketika kita mendapatkan kesempatan memilih lebih dari satu opsi, lebih baik kita manfaatkan kan? Hehe
      Semangat! :)

      Delete
    2. kakak masuk IPB lewat PIN juga?

      Delete
    3. Tidak ada ketentuan maksimal berapa pilihan. Tiga pilihan mungkin masih boleh juga.
      Sayang sekali aku ga kuliah di IPB Hanif :(
      Semoga sedikit pengalaman ini membantu :)

      Delete
    4. Kak PC dong bagi2 wa, line dong?? Saya mau tanya lebih dalam lagi wkkw

      Delete
    5. bolehh, add aja line sitihudaiyah yaa :)

      Delete
  3. Kak tanya fotocopi lainnya itu apa saja ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fotokopi yang lain misalnya sertifikat magang, sertifikat pelatihan, sertifikat partisipasi di suatu kegiatan, atau kegiatan lain yang "menjual" gitu, hehe. Semangat Khusni! :)

      Delete
  4. O iya kak, lalu alamat rektornya itu apa selalu sama? Jadi, kalau misalnya saya mengirim surat lamaran tahun ini, alamat rektornya bisa tetap pakai seperti yang tercantum di surat lamaran kakak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gedung rektorat biasanya jarang berubah. Ni barusan aku googling, alamat rektoratnya masih sama. Jadi, bisa dikirim ke alamat yang sama kaya punyaku, hehe. Semangat! :)

      Delete
  5. Kak update contoh surat pengantar kepsek ke rektor ipb dong ,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah, maaf banget Wahyu, aku ga ada contoh surat pengantar kepala sekolah buat daftar kuliah :(
      Bisa coba googling lagi hehe.
      Semangat! :)

      Delete
    2. Contoh surat rekomendasi kepala sekolah untuk daftar beasiswa atau perguruan tinggi bisa dicek di http://shudaiyah.blogspot.co.id/2017/05/surat-rekomendasi-kepala-sekolah-untuk.html yaa. Tapi in English nii. Barangkali bisa dimodifikasi dan disesuaikan. Semangat! :)

      Delete
  6. Oh yaudh gpp kak makasih banyak ,
    Oh ya kak ketentuan kirim berkas nya itu pakai amplop kak , amplop yg gimana ya kak ? Terus , kalo kirim berkas nya pakai via pos ekspres berapa kak tarif nya ?
    Maaf kak saya banyak nanya , saya baru kali ini kak ngirim via pos :(
    Makasih banyak kak , ditunggu jawabannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berkasnya dimasukin ke amplop coklat ukuran A4 (yang gede itu), terus dikasih keterangan penerima dan pengirim.
      Punyaku dulu gini,

      Kepada :
      Yth. Rektor Institut Pertanian Bogor
      Gedung Andi Hakim Nasoetion Lantai 2 Kampus IPB Darmaga
      Bogor 16680

      Pengirim :
      Nama
      SMK X Xxx
      0857xxxxxxx/xxxxxx@gmail.com
      Jalan Dusun Desa Kecamatan
      Kabupaten Kode Pos

      Nahh, kalo biaya kirimnya ni biasanya beda-beda, tergantung jarak. Biaya kirimnya bisa dicek di http://www.posindonesia.co.id/tnt/?ii=tarif-kiriman atau tanya langsung ke petugas posnya, kalau mau ngirim via pos.
      Hehe santai ajaaaa. Senang bisa membantu :)
      Semangat! :)

      Delete
  7. Kak kenapa kakak nggak jadi kuliah di ipb? Apa kk tidak diterima jalur ini? Terus skrng kk kuliah dmna? Dijwb yaa kk. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo,
      Ditolak sama IPB :(
      Sekarang aku di Kehutanan UGM hehe.
      Semangat nyoba PIN IPB yaaa!

      Delete
  8. Ka di loncatnya berapa baris ke ttd

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo!
      Lazimnya tiga baris ya ke ttd. Tapi menyesuaikan sama ruang kertasnya aja ya, biar rapi. Tidak ada ketentuan khusus kok.
      Semangat!

      Delete
  9. Kak, saya mau nanya.. Apakah Siswa/i yang berkeinginan mendaftar lewat jalur PIN IPB ini harus yang memiliki sertifikat berstandar Internasional dan Nasional saja? atau yang Provinsi juga boleh? Dan apakah camaba yang dinyatakan lolos tidak boleh mengikuti program beasiswa? Mohon bantu untuk dijawab ya Kak, dan maaf banyak pertanyaan :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Habib!
      Kalau baca di pin.admisi.ipb.ac.id harusnya punya sertifikat level internasional/nasional gitu. Tapi kalau pas daftar, ada baiknya semua sertifikat yang kita punya termasuk level provinsi disertakan juga.
      Nah, kalau tentang beasiswa aku belum paham karena kebetulan gak kuliah di IPB, jadi gak mendalami tentang beasiswanya hehe. Barangkali bisa tanya ke humas IPB langsung, atau organisasi kemahasiswaan , atau mahasiswa IPB via email/chat/DM. Mohon maaf gak bisa bantu banyak yaa.
      Semangat, Habib!

      Delete
  10. Kak maaf, boleh minta email-nya ? Soalnya saya mau tanya lebih jauh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo!
      Boleh, bisa email ke siti.hudaiyah@mail.ugm.ac.id yaa!
      Thanks!

      Delete
  11. halo kak
    kalo surat lamaran itu harus 1 lembar ya?

    ReplyDelete
  12. Haloo!
    Ga harus sih sebenernya. Tapi, lazimnya surat apapun tu diusahakan dibuat satu lembar.
    Semangaat!

    ReplyDelete
  13. Kak, tiga bendel itu maksudnya apa?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Laporan Praktikum Inventarisasi Sumberdaya Hutan

Fasilitas Layanan Internet UGM