Mars STM Pembangunan

Lagu ini pertama saya dengar pada saat MOS. Sebagai siswa baru, tentu bergumam “lagu apa sih?”. Saya juga. Karena pada saat saya MOS, sekolah saya berstatus SBI, jadilah pengantar MOS pakai Bahasa Inggris. Penjelasan apa makna lagu ini tak sedikitpun saya dapat. Namun mendengar lagu ini membuat kesan sarat akan makna, keramat, sakral atau perasaan lain semacam itu. Karena dinyanyikan di saat saya masuk Stemba (MOS) dan keluar dari Stemba (wisuda). Setelah saya browsing, dan mendapatkan info yang cukup lengkap dari http://arie5758.blogspot.co.id/ , saya pikir ada benarnya untuk berbagi tentang Mars STM Pembangunan.

Jadi sejarahnya seperti ini,
Dalam rangka memperingati Lustrum Pertama STM Pembangunan Yogyakarta mengadakan Lomba Cipta Lagu Mars dan Logo STM Pembangunan. Hasil lomba lagu dipilih lagu mars ciptaan Sudarto untuk direvisi dan dijadikan sebagai Lagu Mars STM Pembangunan Yogyakarta. Berikut ini adalah copy SK Dewan juri Lomba Cipta Lagu Mars STM Pembangunan Yogyakarta :
sk
mars1
Pada saat upacara bendera hari Senin, 19 Januari 1976, di lapangan STM Pembangunan Yogyakarta, Kepala Sekolah
Drs. Soetarman selaku Pembina Upacara menyampaikan amanat, diantaranya sebagai berikut:
“Dalam wisuda pertama lulusan STM Pembangunan seluruh Indonesia di Gedung Convention Hall Jakarta, wakil dari STM Pembangunan Yogyakarta mendapat kehormatan tampil menyanyikan Lagu Mars STM Pembangunan dipimpin oleh Sentot dari jurusan Kimia. Penampilan koor Mars STM Pembangunan tersebut mendapat sambutan meriah dari seluruh hadirin, dan applause dari bapak Menteri. Acara wisuda itu dihadiri oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan beserta jajarannya, para pimpinan perusahaan, utusan dari kelima STM Pembangunan (Yogya, Jakarta, Surabaya, Semarang, dan Pekalongan), dan tamu undangan lainnya.”
Kepala sekolah juga menerangkan, bahwa sejak saat itu Lagu Mars STM Pembangunan ciptaan Sudarto ditetapkan sebagai Lagu Mars STM Pembangunan seluruh Indonesia yang meliputi 5 sekolah, yaitu:
  1. STM Pembangunan Jakarta.
  2. STM Pembangunan Yogyakarta.
  3. STM Pembangunan Surabaya.
  4. STM Pembangunan Semarang.
  5. STM Pembangunan Pekalongan.
“…terima kasih kepada saudara Sudarto kelas IV Geologi Tambang…” ucap Drs. Soetarman menutup amanat, dan disambut tepuk tangan meriah seluruh peserta upacara.
(sumber: Buku Harian Sudarto)
Teks lagu tersebut digandakan dan dibagikan pada perayaan HUT ke 1 STM Pembangunan Yogyakarta, dan juga dibagikan pada hadirin dalam wisuda pertama lulusan STM Pembangunan di Gedung Conventional Jakarta.
Nah… begitulah sejarahnya, dari Stembayo untuk seluruh Stemba di Indonesia. Semoga menjadi pengetahuan tersendiri bagi para alumni Stemba yang membaca tulisan ini.
Lirik lagunya kurang lebih seperti ini :
Seiring derap pembangunan
Tingkatkan mutu pendidikan
Perintis STM Pembangunan
Menuju cita-cita
Siap mengabdi kepada nusa, bangsa, dan negara
Indonesia tercinta
Indonesia nan jaya
Melihat sejarah di atas, Stembatema ternyata belum ikut andil hehe, mungkin masih belum terbentuk saat itu. Dan sayangnya, saya juga tidak punya dokumentasi apapun tentang Mars Stemba. Setelah browsing, berikut saya sertakan link video Mars Stemba meskipun kurang jelas hehe.
Lirik lagunya kurang lebih seperti ini :
Seiring derap pembangunan
Tingkatkan mutu pendidikan
Perintis STM Pembangunan
Menuju cita-cita
Siap mengabdi kepada nusa, bangsa, dan negara
Indonesia tercinta
Indonesia nan jaya

Semoga bermanfaat :)

Comments

Popular posts from this blog

Surat Lamaran Jalur PIN IPB

Laporan Praktikum Inventarisasi Sumberdaya Hutan

Mengenal Jenis Pepohonan di UGM